Windows 8

VIVAnews - Windows 8 belum bisa membuat gebrakan di pasar PC Amerika Serikat pada bulan pertama sejak peluncurannya. Penjualannya mengalami penurunan sebesar 21 persen dibandingkan pada periode pertama 2011.  

Menurut laporan NPD Group, perusahaan yang memantau ritel di Amerika Serikat, penjualan laptop tergerus 24 persen dan desktop turun 9 persen. Ini melanjutkan tren penurunan penjualan PC di Amerika Serikat selama 2011.

Laporan penurunan itu muncul beberapa hari setelah Chief Financial Officer Asus, mengatakan bahwa permintaan untuk Windows 8 sedang tidak baik. Ini terungkap setelah para eksekutifnya menyatakan keraguan apakah sistem operasi terbaru ini dapat diterima oleh konsumen.

NDP Group juga mengungkap bahwa penjualan tablet Windows 8 hampir dianggap tidak ada, karena laporan penjualan perangkat ini kurang dari 1 persen. Tapi, Vice President NPD untuk Analisis Industri, Stephen Baker, mengatakan ada satu titik terang dari penjualan Windows 8, yaitu penjualan laptop layar sentuh yang menyentuh angka 6 persen.

"Laporan NPD Group ini muncul setelah perusahaan pembuat komponen mengatakan telah membagi order perangkat Surface RT, yang menggunakan prosesor ARM dan Chip Intel untuk menjalankan versi khusus dari Windows 8," kata Stephen Baker, dilansir dari Guardian.

Sebagai perbandingan, pada periode sama 2009, saat Windows 7 diluncurkan, hanya dalam waktu empat pekan sudah menunjukkan penetrasi yang jauh lebih besar. Saat itu, penjualan mencapai angka 83 persen, sedangkan tahun ini penjualannya hanya 53 persen.

Dari data itu menunjukkan bahwa tahun ini para vendor PC dan penjualnya masih memiliki persediaan Windows 7 yang masih banyak, ketika Windows 8 diluncurkan. Seharusnya, persediaan itu dihilangkan dahulu sebelum penjualan Windows 8 dimulai.

Temuan yang didapat oleh NPD Group sama dengan yang dilakukan Net Applications yang mengatakan bahwa satu bulan setelah rilis Windows 8 hanya ada sekitar 1 persen pengguna PC. Sementara itu, saat peluncuran Windows 7 pada 2009, pengguna PC sekitar 3,6 persen.

Menurut Kepala Divisi Windows Microsoft yang baru, Tami Reller, pada awal pekan ini sudah 40 juta lisensi Windows 8 yang telah dijual sejak bulan pertama. Sementara itu, pada penjualan Windows 7 dua bulan pertama mencapai 60 juta.

Namun, Reller tidak memberikan rincian penjualan antara untuk produsen perangkat asli (OEM) untuk PC, lisensi, dan konsumen yang membeli upgrade online-nya. Tapi, mayoritas yang dibeli adalah produk dari OEM.

"Penjualan laptop layar sentuh menggunakan Windows 8 yang mencapai 6 persen, telah membantu untuk membangun pasar baru untuk konsumen notebook Windows 8," tutur Stephen Baker. (art)

Post a comment

 
Top