Bagi pengguna PC yang gemar melakukan upgrade komponen PC, ini bisa jadi merupakan kabar kurang menyenangkan. Kabar yang beredar di internet beberapa hari ini menyebutkan, akhir perjalanan komputer desktop semakin dekat.

Perubahan cara dalam menghubungkan prosesor pada mainboard mungkin akan membuat perubahan menyeluruh pada PC Desktop yang kita temui saat ini.

Prosesor desktop biasanya melekat pada mainboard melalui sebuah socket. Prosesor Intel yang kompatibel dengan socket pada mainboard bisa dipasang dengan mudah oleh pengguna, penggemar PC desktop maupun suplier PC. Menurut kabar yang beradar, kini desain tersebut terancam tidak lagi digunakan Intel.

Sementara prosesor mobile yang disolder langgsung pada mainboard, memiliki kelebihan pada desain yang lebih canggih, karena ruang dalam perangkat mobile sangat sensitif dimana setiap milimeter sangat berharga.

Sedangkan bagi para pendukung komputer desktop, prosesor yang disolder langsung pada mainboard bisa menjadi bencana, karena akan membunuh pasar antusias seperti gamer, yang ingin memilih berbagai jenis prosesor sesuai kebutuhan mereka.

Menurut Semiaccurate, rencana Intel tersebut akan berlaku mulai rancangan chip Broadwell untuk mobile yang akan digulirkan sekitar tahun 2014. Namun laporan tersebut mengungkapkan, rencana tersebut belum diputuskan secara bulat dan Intel akan kembali membawa socket dengan rancangan chip yang dinamai Skylake.

Laporan yang sama juga menyebutkan, pergeseran dari desktop ke mobile mencerminkan Intel kini sedang mengalami krisis kepercayaan diri, karena prosesor hemat energi ARM menguasai hampir seluruh smartphone dan tablet dunia.

Post a comment

 
Top