SEOUL- (Berita SuaraMedia) -  Hubungan antara Perusahna Apple dan Samsung dilaporkan semakin merenggang. Menurut laporan terbaru, Apple disebutkan melakukan segala hal untuk bisa memutuskan hubungan dengan rival sengitnya tersebut.

Dilansir dari Apple Insider, Selasa (16/10/2012), menurut seorang pejabat senior Samsung yang dirahasiakan namanya, meski Apple masih mengandalkan Samsung untuk memproduksi prosesor mobile, tapi pembesut iPhone itu telah memperjelas tidak akan menggunakan teknologi Samsung.

"Ada tiga jenis klien chip. Beberapa pihak menginginkan kami untuk menangani semuanya mulai dari chip, desain arsitektur, dan manufaktur. Beberapa pihak lainnya ingin kami hanya merancang dan memproduksi, tapi ada juga yang menginginkan kami hanya membuat chip. Dan kini Apple adalah jenis yang ketiga," jelas sumber Samsung tersebut melaporkan. Sebelumnya, laporan lain pada pekan lalu menyebutkan bahwa Apple akan memiliki chip dari mitra lain yakni Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), sehingga Samsung tidak lagi menjadi kunci komponen. Disebutkan bahwa TSMC akan membuat chip quad-core 20 nanometer untuk Apple pada awal tahun depan.
Rumor tentang tablet Nexus 10 yang kemungkinan rilis pertengahan 2013, kini muncul rumor balasan dari sisi supplier Apple yang mengatakan bahwa iPad 4 juga siap rilis pada periode tersebut.
Sumber DigiTimes mengatakan bahwa ukuran untuk iPad 4 masih akan tetap 9,7 inci, namun Apple akan memangkas jumlah komponen yang digunakan demi menyederhanakan rancangan desain.
Salah satu komponen yang mendapatkan proporsi penghematan paling jelas adalah chip LED. Dimana jika sebelumnya Apple menggunakan one-chip LED sebanyak 84 buah dalam backlight units (BLUs) untuk New iPad, maka ke depannya Apple akan beralih menggunakan two-chip LED yang akan mampu memangkas jumlah chip yang digunakan menjadi hanya 42 buah.
Dampaknya jelas: akan ada ruangan ekstra di dalam iPad 4, dan konsumsi tenaga baterai akan bisa ditekan lebih jauh. (ru/oz/sm)

Post a comment

 
Top