Apple memperoleh paten untuk sebuah ikon yang berhubungan dengan asisten suara digital. Dirjen HAKI AS atau US Patent and Trademark Office memberikan hak desain microphone perak yang bersinar ungu ketika aktif kepada Apple.

Menurut Apple Insider, desain berdasarkan micropon jenis RCA yang diproduksi pada tahun 1940an. Aplikasi paten diajukan pada 4 Oktober 2011, tanggal yang sama dengan pengumuman iPhone 4S dan Siri.

Layanan yang diberikan Siri memungkinkan pengguna dapat mengirim pesan, menjadwal pertemuan, membuat panggilan telpon dan lain sebagainya, hanya dengan menekan sebuah tombol dan perintah melalui suara.

Sementara Apple pernah digugat secara hukum terkait dengan Siri. Pada bulan Maret seorang pria asal New York mengajukan gugatan hukum untuk iklan palsu yang terkait dengan asisten suara. Sedangkan perusahaan asal China menggugat Apple, karena Siri diduga melanggar salah satu dari paten mereka sesaat sebelum universitas asal Taiwan juga mengajukan gugatan atas pelanggaran paten teknologi pengenal suara.

Siri tersedia di iPhone 5, iPhone 4S, iPad mini, iPod touch generasi kelima, iPad generasi keempat dan iPad generasi ketiga  yang menjalankan iOS 6. General Motor baru-baru ini juga mengumumkan bahwa Chevrolet Spark, Sonic LTZ serta model RS akan hadir dengan Siri Eyes Free dimulai pada tahun depan.

Tahun ini Apple memperoleh beberapa pengakuan paten antara lain, teknologi 5D, desain iPad Smart Cover fleksibel dan headphone dual-mode yang dapat berubah menjadi speaker.

Post a comment

 
Top