Geografi

Spanyol menempati 85 % dari Semenanjung Iberia , yang saham dengan Portugal , di Eropa barat daya . Afrika kurang dari 10 mil ( 16 km ) selatan di Selat Gibraltar . Sebuah luas lereng tengah dataran tinggi di selatan dan timur , dilintasi oleh serangkaian pegunungan dan lembah sungai . Sungai utama adalah Ebro di timur laut , Tajo di wilayah tengah , dan Guadalquivir di selatan. Lepas pantai timur Spanyol di Mediterania adalah Kepulauan Balearic ( 1.936 mil persegi , 5.014 km persegi) , yang terbesar adalah Majorca . Enam puluh mil ( 97 km ) barat Afrika adalah Kepulauan Canary ( 2.808 mil persegi , 7.273 km persegi) .


Sejarah Negara Spanyol

Sejarah Negara Spanyol
pemerintah
Monarki parlementer .


sejarah
Spanyol , awalnya dihuni oleh Celtic , Iberia , dan Basque , menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi pada 206 SM , ketika ditaklukkan oleh Scipio Africanus . Pada AD 412 , barbar Visigoth pemimpin Ataulf menyeberangi Pyrenees dan memerintah Spanyol , pertama dalam nama kaisar Romawi dan kemudian secara mandiri . Pada 711 , kaum muslimin di bawah Tariq memasuki Spanyol dari Afrika dan dalam beberapa tahun menyelesaikan penaklukan negara . Pada 732 , kaum Frank , yang dipimpin oleh Charles Martel , mengalahkan Muslim dekat Poitiers , sehingga mencegah perluasan lebih lanjut dari Islam di Eropa selatan . Perpecahan internal dari Spanyol Islam mengundang penaklukan Kristen stabil dari utara .
Aragon dan Castile merupakan negara Spanyol yang paling penting dari 12 sampai abad ke-15 , dikonsolidasikan dengan pernikahan Ferdinand II dan Isabella I tahun 1469 . Pada 1478 , mereka mendirikan Inkuisisi , untuk membasmi bid’ah dan mengungkap Yahudi dan Muslim yang tidak tulus menjadi Kristen . Torquemada , yang paling terkenal dari para inkuisitor besar , melambangkan kekerasan Inkuisisi dan kekejaman . Yang terakhir kubu Muslim , Granada , ditangkap pada tahun 1492 . Katolik Roma didirikan sebagai agama resmi negara dan kebanyakan orang Yahudi ( 1492 ) dan Muslim ( 1502 ) diusir . Dalam era eksplorasi , penemuan , dan kolonisasi , Spanyol mengumpulkan kekayaan yang luar biasa dan kerajaan kolonial besar melalui penaklukan Meksiko oleh Cortés (1519-1521) dan Peru oleh Pizarro ( 1532-1533 ) . Orang Spanyol Hapsburg monarki menjadi untuk waktu yang paling kuat di dunia. Pada tahun 1588, Philip II mengirimkan Armada terkalahkan untuk menyerang Inggris , tapi kehancuran biaya Spanyol supremasi di laut dan membuka jalan bagi kolonisasi Inggris Amerika . Spanyol kemudian tenggelam dengan cepat ke status kekuatan kedua tingkat di bawah pemerintahan yang lemah raja Hapsburg , dan itu tidak pernah lagi memainkan peran utama dalam politik Eropa. Perang Suksesi Spanyol (1701-1714) mengakibatkan kerugian Spanyol Belgia , Luksemburg , Milan , Sardinia , dan Napoli . Kekaisaran kolonial di Amerika dan Filipina lenyap dalam peperangan dan revolusi selama abad 18 dan 19 .
Pada Perang Dunia I , Spanyol mempertahankan posisi netral . Pada tahun 1923 , Jenderal Miguel Primo de Rivera menjadi diktator . Pada tahun 1930 , Raja Alfonso XIII dicabut kediktatoran , tapi antimonarchist kuat dan gerakan republik menyebabkan ia meninggalkan Spanyol pada tahun 1931 . Konstitusi baru menyatakan Spanyol republik pekerja , putus perkebunan besar , gereja dipisahkan dan negara, dan menyekularisasi sekolah . Pemilihan diadakan pada tahun 1936 kembali kuat depan mayoritas populer , dengan Manuel Azaña sebagai presiden .
Perang Saudara Menghasilkan Peraturan Franco dan pembentukan kembali sebuah Monarki Ceremonial
Pada tanggal 18 Juli 1936, seorang perwira militer yang konservatif di Maroko , Francisco Franco Bahamonde , memimpin pemberontakan terhadap pemerintah . Perang saudara yang diikuti berlangsung tiga tahun dan menelan korban hampir satu juta orang . Franco dibantu oleh Fasis Italia dan Nazi Jerman , sementara Soviet Rusia membantu sisi Loyalis . Beberapa ratus sayap kiri Amerika bertugas di Brigade Abraham Lincoln di sisi republik . Perang berakhir ketika Franco mengambil Madrid pada tanggal 28 Maret 1939. Franco menjadi kepala negara , kepala nasional Partai Falange ( partai yang memerintah ) , dan perdana menteri dan caudillo ( pemimpin) .
Dalam referendum tahun 1947 , orang-orang Spanyol menyetujui undang-undang suksesi Franco – disusun menyatakan Spanyol monarki lagi . Franco , bagaimanapun, terus sebagai kepala negara . Pada tahun 1969 , Franco dan Cortes ( ” negara ” ) yang ditunjuk Pangeran Juan Carlos Alfonso Victor María de Borbón ( yang menikah dengan putri Sophia Yunani pada tahun 1962 ) menjadi raja Spanyol ketika pemerintah sementara yang dipimpin oleh Franco berakhir . Franco meninggal pada 20 November 1975 , dan Juan Carlos diproklamasikan Raja pada 22 November.
Di bawah tekanan dari Catalonia dan Basque nasionalis , Perdana Menteri Adolfo Suárez diberikan aturan rumah untuk wilayah ini pada tahun 1979 . Separatis Basque melakukan ratusan serangan bom teroris dan penculikan . Dengan pemilihan luar biasa dari Perdana Menteri Felipe González Márquez dan Spanyol Partai Pekerja Sosialis -nya di 20 Oktober 1982 , pemilihan parlemen , masa lalu Franco akhirnya dimakamkan .
Spanyol Bergabung dengan Uni Eropa dan Partai Aznar Popular Datang Power
Spanyol masuk NATO pada tahun 1982 . Spanyol , bersama dengan Portugal , bergabung dengan Masyarakat Ekonomi Eropa , sekarang Uni Eropa , pada tahun 1986 . Pemilihan umum Maret 1996 menghasilkan kemenangan bagi Partai Populer konservatif , dan pemimpinnya , José María Aznar , menjadi perdana menteri . Ia dan partainya dengan mudah memenangi pemilu presiden pada 2000.
Pada Agustus 2002, Batasuna , sayap politik ETA Basque organisasi teroris , dilarang . Kebijaksanaan mengemudi partai bawah tanah bukannya mengizinkan itu outlet politik yang sah telah dipertanyakan .
Dukungan Aznar tentang perang AS di Irak sangat tidak populer – 90 % dari Spanyol menentang perang . (Spanyol tidak mengirim pasukan ke Irak selama perang tetapi menyumbang 1.300 pasukan perdamaian selama masa rekonstruksi . ) Namun Partai Aznar Popular melakukannya dengan sangat baik dalam pemilihan kota pada Mei 2003. Kemakmuran relatif negara dan sikap keras perdana menteri terhadap ETA dianggap bertanggung jawab atas menunjukkan kuat .
Bom Teroris di Madrid Menghasilkan Pemerintahan Partai Sosialis
Pada tanggal 11 Maret 2004, Spanyol mengalami serangan teroris paling mengerikan nya : 191 orang tewas dan 1.400 terluka dalam pemboman di stasiun kereta api Madrid . Pemerintah pada awalnya menyalahkan ETA , tetapi segera muncul bukti bahwa al – Qaeda bertanggung jawab . Ketika rekor jumlah pemilih pergi ke TPS hari kemudian , Partai Aznar Popular mengalami kekalahan menyengat , dan José Luis Rodríguez Zapatero dari Partai Sosialis menjadi perdana menteri baru . Banyak orang Spanyol menyalahkan dukungan setia Aznar terhadap AS dan perang di Irak untuk membuat Spanyol target Al-Qaeda . Lainnya marah dengan apa yang mereka lihat sebagai bermotif politik posisi pemerintah bahwa ETA yang harus disalahkan atas serangan pada saat yang sama bahwa hubungan dengan al- Qaeda muncul . Pada April , selusin tersangka , kebanyakan dari mereka Maroko , ditangkap karena pemboman . Pada tanggal 4 April , beberapa tersangka meledakkan diri dalam sebuah penggerebekan polisi untuk menghindari penangkapan . Pada bulan Mei , perdana menteri baru membuat baik pada janji kampanyenya , mengingat Spanyol 1.300 tentara dari Irak , banyak ketidaksenangan dari Amerika Serikat , yang mengatakan Spanyol telah memenuhi tuntutan teroris .
Pada bulan Juni 2005 , kendati ada penentangan kuat dari Gereja Katolik , Spanyol melegalkan pernikahan gay . ( Tiga negara lain mengizinkan pernikahan sesama jenis : Belgia, Belanda , dan Kanada . )
Separatis ETA Grup melucuti dan meninggalkan kekerasan
Setelah empat dekade kekerasan , militan kelompok separatis Basque ETA , yang bertanggung jawab untuk lebih dari 800 kematian dan meneror masyarakat Spanyol dengan pemboman dan serangan lainnya , mengumumkan gencatan senjata permanen pada tanggal 24 Maret 2006. Pada bulan Juni 2007 , namun, ETA meninggalkan gencatan senjata dan berjanji untuk memulai serangan baru .
ETA , kelompok separatis Basque kekerasan , mengumumkan lain gencatan senjata pada September 2011. Pemerintah Spanyol menolak deklarasi tersebut , mengatakan tidak akan melanjutkan pembicaraan damai sampai ETA permanen meninggalkan kekerasan dan meletakkan senjatanya . The ETA tidak hanya itu pada bulan Oktober . Perdana Menteri Zapatero mengatakan langkah itu merupakan ” kemenangan bagi demokrasi , hukum dan akal . ”
Sosialis Kehilangan Kontrol Parlemen Ditengah Krisis Keuangan
Pemerintah membubarkan Parlemen pada bulan Januari 2008 dan menyerukan pemilu baru . Dalam pemilihan bulan Maret , Perdana Menteri Zapatero dari Partai Sosialis terpilih kembali , mengambil 43,7 % suara . Mariano Rajoy dari Partai Populer mengumpulkan 40,1 % . Pada tanggal 12 April , Zapatero mengumumkan kabinetnya , yang untuk pertama kalinya termasuk lebih banyak perempuan daripada laki-laki .
Spanyol terpukul sangat keras oleh resesi global pada tahun 2009 awal , dengan ekonomi yang berkontraksi , defisit anggaran menganga , dan pengangguran mencapai 20 % pada Maret 2010. Pada bulan Mei , Perdana Menteri Zapatero mengumumkan langkah-langkah penghematan , termasuk pemotongan belanja , pengurangan gaji bagi pemerintah dan pekerja sipil , dan peningkatan usia pensiun . Ribuan pekerja memprotes proposal . Parlemen , bagaimanapun, lulus $ 18000000000 pemotongan belanja pada akhir Mei . Kesengsaraan negara terus ke 2011 – pengangguran berdetak hingga 21 % – , dan kemarahan atas rencana penghematan membawa korban pada Partai Pekerja Sosialis Zapatero dalam pemilihan lokal dan regional pada Mei 2011. Zapatero menyerukan pemilihan umum dini , yang akan diadakan pada bulan November , dan mengatakan ia tidak akan lari. Dalam upaya untuk menutup kesenjangan anggaran , pemerintah membawa kembali pajak atas warga terkaya negara yang telah ditinggalkan pada tahun 2008 .
Pada bulan November 2011 pemilihan , Zapatero Partai Pekerja Sosialis mengambil kekalahan pada pemilu . Representasi partai di majelis rendah parlemen jatuh ke 110 kursi dari 169 , dan konservatif Partai Populer memenangkan 186 kursi , mengamankan mayoritas di ruang 350 kursi . Ini adalah penampilan terburuk Sosialis ‘ dalam waktu sekitar 30 tahun . Mariano Rajoy berhasil Zapatero sebagai perdana menteri . Rajoy tidak asing dengan politik . Ia memegang beberapa peran minsterial bawah José María Aznar 1996-2004 . Dia mengambil alih sebagai pemimpin partai pada tahun 2004 dan diperkirakan akan menjadi perdana menteri , namun dikalahkan oleh Zapatero dan Sosialis . Kedua berhadapan lagi pada tahun 2008 , dengan memenangkan pemilihan kembali Zapatero .
Pada bulan April 2012, Spanyol dipukul dengan trifecta berita ekonomi suram: pemerintah mengeluarkan anggaran paling keras di negara itu sejak tahun 1975 , yang disebut sebesar $ 36 miliar pada pemotongan dan kenaikan pajak , pengangguran mencapai 24,4 % , lebih dari dua kali lipat rata-rata Eropa , dan negara jatuh ke dalam resesi untuk kedua kalinya dalam tiga tahun . Bank-bank Spanyol juga menderita , karena banyak orang-orang Spanyol tidak bisa memenuhi kewajiban hipotek mereka . Pada bulan Juni , Spanyol menerima bailout hingga b ? , 100 miliar ($ 125 miliar) dari Uni Eropa untuk merekapitalisasi bank-banknya . Sebagai imbalannya , Rajoy sepakat untuk memberlakukan putaran lain langkah-langkah penghematan untuk mengurangi defisit anggaran negara , termasuk peningkatan dengan pajak penjualan , langkah dia sebelumnya menolak .
Pada bulan September , kesengsaraan domestik Rajoy tumbuh lebih rumit setelah ia menolak permintaan oleh daerah – kemerdekaan mencari dari Catalona untuk lebih mengontrol pengumpulan dan distribusi uang pajak . Sebagai tanggapan , presiden Catalona menyerukan pemilihan umum dini , memicu keprihatinan bahwa drive untuk kemerdekaan akan mengintensifkan . Hari kemudian , Rajoy memperkenalkan anggaran 2013 yang menyerukan kenaikan pajak dan pemotongan belanja yang katanya akan membantu negara memenuhi persyaratan pengurangan defisit Uni Eropa . Pada bulan Oktober , tingkat pengangguran mencapai 25 % , tingkat tertinggi dalam beberapa dekade .

Post a Comment

 
Top